hana
BiNusian weblog
STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI
Categories: Manajemen & Bisnis

1. Apakah struktur organisasi itu masih relevan bagi organisasi dalam dunia yang sangat maju ini?

=> Masih. Karena memperjelas harapan mengenai apa yang harus dikerjakan: membagi pekerjaan untuk menghindari kerangkapan, usaha yang sia-sia, konflik, dan penyalahgunaan sumber daya: menyediakan arus kegiatan kerja yang logis: menyusun jalur komunikasi: menyediakan mekanisme pengkoordinasian: memusatkan usaha-usaha pekerjaan untuk mencapai sasaran: dan meningkatkan perencanaan dan pengendalian. jadi, meskipun dunia sekarang sudah maju tetap saja harus ada struktur organisasi di dalamnya agar semuanya dapat tetap terkontrol dan terkendali.

2. Kebanyakan orang berpendapat bahwa organisasi pemerintahan itu sangat lamban bila dibandingkan dengan organisasi perusahaan swasta. Bagaimana pendapat Saudara?

=> Saya setuju bahwa organisasi pemerintahan itu sangat lamban bila dibandingkan dengan organisasi perusahaan swasta. Salah satu contohnya dalam hal pendidikan, sekarang ini kebanyakan pendidikan dari organisasi swasta lebih maju dibanding pendidikan dari organisasi pemerintah dan dengan kualitas yang berbeda pula. Selain itu juga banyak hal lain yang seharusnya organisasi pemerintah itu lebih baik daripada organisasi swasta, tapi ini malah sebaliknya. Hal ini mungkin bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya pengalokasian dana yang tidak tepat, kurangnya perhatian, dll.

3. Sebutkan dan jelaskan perbedaan antara organisasi mekanistik dan organisasi organik itu!

No.

Organisasi Mekanistik

Organisasi Organik

1

Organisasi Mekanistik (Mechanisti Organization) adalah struktur yang dikendalikan secara kaku dan ketat.

Organisasi Organik (Organic Organization) adalah struktur yang amat fleksibel dan mudah di ubah.

2

Strategi berorientasi pada minimalisasi biaya, untuk mencari efisiensi, kemantapan dan kendali yang ketat.

Strategi berorientasi pada inovasi. Dan untuk melakukan inovasi, para investor memerlukan fleksibilitas dan aliran bebas informasi.

3

Dipakai oleh organisasi yang memiliki karyawan dengan jumlah yang banyak, sehingga karyawan lebih terspesialisasi, peraturan yang harus ditaati dan departementalisasi yang kaku.

Dipakai oleh organisasi yang memiliki karyawan dengan jumlah sedikit, dan pekerjaan yang dilakukan tidak distandarisasi.

4

Produk setiap kali diproduksi dalam jumlah besar, karena produk sudah ada standarnya dan memakai teknologi yang rutin.

Produk dibuat berdasarkan pesanan khusus, karena pesanan khusus memerlukan teknik berpikir yang inovatif.

5

Lingkungan relatif stabil.

Ketidakpastian lingkungan tinggi

4. Apakah ciri-ciri dari suatu organisasi pembelajar itu?

=> 1. Dari segi budaya organisasi:

a. Memiliki hubungan timbal balik yang kuat

b. Memiliki rasa kebersamaan

c. Memiliki kepedulian kepada orang lain

d. Memiliki kepercayaan kepada orang lain

2. Dari segi desain organisasi:

a. Tanpa batas

b. Tim

c. Pemberdayaan

3. Dari segi Kepemimpinan:

a. Visi bersama

b. Kerja bersama

4. Dari segi kegiatan berbagi informasi:

a. Terbuka

b. Tepat waktu

c. Akurat

Menurut Saudara apakah pemimpin yang bergaya demokratis itu cocok apabila ditunjuk untuk mempimpin organisasi mekanistik? Jelaskan pendapat Saudara.

Menurut saya seorang yang bergaya demokratis itu kurang cocok apabila ditunjuk untuk memimpin organisasi mekanistik. Karena gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya. Sedangkan organisasi mekanistik itu sendiri adalah struktur yang dikendalikan secara kaku dan ketat. Dengan dicirikan oleh tingginya spesialisasi, departementalisasi yang kaku, sempitnya rentang kendali, tingginya formalisasi, terbatasnya jaringan informasi (kebanyakan komunikasi ke arah bawah) dan sedikitnya partisipasi dalam pengambilan keputusan oleh karyawan tingkat rendah. Jadi, tidak memungkinkan jika seorang pemimpin yang bergaya demokratis ditunjuk untuk memimpin organisasi mekanistik.

Leave a Reply