hana
BiNusian weblog
KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF
Categories: Manajemen & Bisnis

1. Apakah perbedaan antara manajer dan pemimpin?

=> Perbedaan manajer dan pemimpin adalah, kalau manajer orang yang ditunjuk dan memiliki kekuasaan serta kemampuan mempengaruhi secara formal berdasarkan struktur organisasi yang ditetapkan, disamping itu manajer juga menjalankan fungsi-fungsi manajemen yang ada. Sedangkan pemimpin dapat ditunjuk atau muncul dari dalam kelompok, mampu mempengaruhi orang lain dan yang memiliki otoritas manajerial. Pemimpin juga dapat mempengaruhi melebihi tindakan yang diperintahkan oleh wewenang normal dan belum tentu menjalankan fungsi-fungsi manajemen.

2. Apakah yang dimaksudkan dengan Teori kepemimpinan Situasional (SLT) itu?

=> Teori kepemimpinan situasional (SLT) itu adalah merupakan salah satu model teori kontingensi yang berfokus pada kesiapan para pengikutnya. Dalam teori ini keefektifan tergantung pada tindakan pengikutnya, tanpa melihat apa yang dilakukan oleh pemimpinnya.

3. Robert House mengemukakan teori kepemimpinan alur sasaran. Berdasarkan teori tersebut terdapat berapa gaya kepemimpinan? Jelaskan.

=> Robert House mengidentifikasikan ada empat gaya kepemimpinan, yaitu:

  1. Kepemimpinan yang direktif (mengarahkan/directive leader), yaitu pemimpin yang memberikan arahan-arahan belaka.

  2. Kepemimpinan yang sportif (membantu/supportive leader), yaitu pemimpin yang memberikan dukungan-dukungan.

  3. Kepemimpinan yang partisipatif (berpartisipasi/participative leader), yaitu pemimpin yang ikut terlibat dalam pengambilan keputusan.

  4. Kepemimpinan yang berorientasi prestasi/achievement oriented leader, yaitu pemimpin yang mengutamakan hasil semaksimal mungkin dari keputusan yang diambil.

4. Pemimpin bergaya transformasional itu lebih efektif dibanding dengan pemimpin yang bergaya transaksional. Jelaskan pendapat tersebut.

=> Kepemimpinan transformasional digambarkan sebagai kepemimpinan yang membangkitkan atau memotivasi bawahan untuk dapat berkembang dan mencapai kinerja atau tingkat yang lebih tinggi lagi sehingga mampu mencapai lebih dari yang mereka perkirakan sebelumnya. Dalam hal ini saya setuju kalau pemimpin yang bergaya transformasional itu lebih efektif dibanding dengan pemimpin yang bergaya transaksional. Karena, kepemimpinan transformasional berkontribusi terhadap prediksi adanya pemberdayaan pada bawahan. Semakin mereka mengalami pemberdayaan, semakin efektif pula tim itu.

5. Bung Karno termasuk salah satu pemimpin karismatis tingkat dunia. Apakah karakteristik dari pemimpin karismatis itu?

=> Pemimpin karismatis yaitu, pemimpin yang antusias dan percaya diri yang kepribadian dan tindakannya mempengaruhi orang untuk berperilaku dengan cara tertentu. Pemimpin karismatis memiliki karakteristik: bergairah, penuh semangat, tegas, mampu memikat orang saat berbicara, dan percaya diri.

6. Bagaimana pendapat saudara tentang jender dan kepemimpinan itu?

=> Menurut saya tipe kepemimpinan antara wanita dan pria itu sangat berbeda. Kepemimpinan kaum wanita cenderung:

  1. Menempuh gaya demokratis atau partisipasi.

  2. Mendorong keikutsertaan, berbagi informasi dan meningkatkan harga diri pengikutnya.

  3. Wanita menggunakan kepemimpinan transformasional.

Sedangkan kepemimipinan kaum pria cenderung:

  1. Menggunakan gaya pengarahan, komando dan kendali.

  2. Mengandalkan wewenang formal.

  3. Pria menggunakan kepemimpinan transaksional.

Jadi, jender seseorang juga dapat mempengaruhi gaya kepemimpinan orang tersebut.

Leave a Reply